SISTEM INFORASI MANAJEMEN

Posted on Updated on

Definisi :

“Sekumpulan Unsur/ elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan”

“Suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu”

 

PERAN DASAR SISTEM INFORMASI DALAM BISNIS

  • Mendukung proses dan operasi bisnis
  • Mendukung pengambilan keputusan para pegawai dan manajernya
  • Mendukung berbagai strategi untuk keunggulan kompetitif

Umpan balik bisa didapat dari polling user (pengguna)

“Polling Website” BUMN Terbaik

Kriteria pertama, memiliki websiteyang aktif digunakan. Kriteria kedua, masuk dalam peringkat Alexa Indonesia. Kriteria ketiga, melakukan update informasi selambatnya dalam dua bulan terakhir terhitung sejak 1 Januari 2013, serta keempat, mencatat technical error di bawah 150.

 

KLASIFIKASI SISTEM

 

  1. Sistem alamiah (natural system) dan sistem buatan manusia (human made system).
  2. Sistem tertutup (closed system) dan sistem terbuka (open system).

Sistem terbuka terpengaruh oleh lingkungan luar, mis : input yg masuk, output yg akan didistribusikan
Harus punya pengendalian yg baik

 

HUMAN ERROR

  • Metode pengumpulan dan pengukuran data yang tidak tepat.
  • Operator sistem tidak mengikuti prosedur pengolahan yang benar.
  • Kehilangan data atau data tidak terolah.
  • Pemeriksaan atau pencatatan.
  • Salah dalam menggunakan dokumen induk / file induk.
  • Kesalahan dalam prosedur pengolahan.
  • Kesalahan yang dilakukan dengan sengaja.

 

SUMBER DAYA

Manajer mengelola sumber daya sbb :

  • Man (Manusia)
  • Money (Uang)
  • Material (Bahan baku)
  • Machine (Mesin, termasuk fasilitas dan energi)
  • Methode (Metode/cara)
  • Informasi (termasuk data)

MENGELOLA INFORMASI

  • Manajer mengelola sumber daya fisik juga sumber daya konseptual
  • Manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna
  • Manajer juga memastikan orang yang layak dalam organisasi untuk menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat sehingga dapat dimanfaatkan.
  • Manajer akhirnya juga membuang informasi yang tidak berguna lagi dan menggantikannya dengan informasi yang mutakhir dan akurat

 

MANAJEMEN INFORMASI

  • Memperolah informasi
  • Menggunakan informasi dengan efektif dan efisien
  • Membuang informasi pada saat yang tepat

 

PERHATIAN MANAJEMEN INFORMASI

  • Kompleksitas kegiatan bisnis yang meningkat :
  • Pengaruh ekonomi internasional
  • Persaingan dunia
  • Kompleksitas teknologi yang meningkat
  • Batas waktu yang singkat
  • Kendala-kendala sosial
  • Kemampuan komputer yang semakin baik

 

PENGGUNA KOMPUTER

  • MANAJER
  • NON-MANAJER
  • ORANG-ORANG DAN ORGANISASI DALAM LINGKUNGAN PERUSAHAAN

 

FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN
(Henry Fayol, 1914)

  • PLANNING
  • ORGANIZING
  • ACTUATING (pengarahan)
  • STAFFING (penyusunan personil)
  • CONTROLLING

 

PERAN MANAJERIAL
(MINTZBERG)

  • INTERPERSONAL ROLES
  • Figurehead
  • Leader
  • Liaison
  • INFORMATIONAL ROLES
  • Monitor
  • Disseminator
  • Spokeperson
  • PERAN KEPUTUSAN
  • Enterpreneur
  • Disturbance handler
  • Negotiator

 

INTERPERSONAL ROLES

  • Figurehead, manajer melaksanakan tugas-tugas seremonial, seperti mendampingi perjabat yang berkunjung meninjau fasilitas
  • Leader, manajer memelihara unit dengan memperkerjakan dan melatih staf serta menyediakan motivasi dan dorongan.
  • Liaison, manajer menjalin hubungan dengan orang-orang diluar unit manajer tersebut – rekan kerja dan lainnya dilingkungannya dengan tujuan menyelesaikan masalah bisnis.

 

INFORMATIONAL ROLES

  • Monitor, manajer secara tetap mencari informasi mengenai kinerja unit. Indera manajer mengamati aktivitas intern unit dan lingkungannya.
  • Disseminator, manajer meneruskan informasi yang berharga kepada oranglain didalam unitnya.
  • Spokeperson, manajer meneruskan informasi yang berharga kepada orang-orang diluar unit-pimpinan dan orang-orang dilingkungannya

 

PERAN KEPUTUSAN

  • Enterpreneur, manajer membuat perbaikan-perbaikan yang cukup permanen pada unit seperti mengubah struktur organisasi.
  • Disturbance handler, manajer bereaksi pada kejadian-kejadian tidak terduga, seperti devaluasi dolar di negara asing yang menjadi tempat operasi perusahaannya.
  • Resource Allocator, manajer mengendalikan pengeluaran unitnya, menentukan unti bawahannya mana yang mendapatkan sumber daya.
  • Negotiator, manajer menengahi perselisihan baik didalam unitnya maupun antar unit dilingkungannya.

 

 

 

 

One thought on “SISTEM INFORASI MANAJEMEN

    Suparno said:
    4 July 2015 at 11:46 am

    Oke, teruskan kelola blognya dengan baik ya

    Like

Leave a comment